Jumat, 24 Februari 2012

Kabel Coaxial

Kabel Coaxial atau populer dipanggil “coax” terdiri ataskonduktor silindris melingkar yang mengelilingi sebuah kabeltembaga ini yang konduktif. Untuk LAN, kabel coaxialmenawarkan beberapa keunggulan. Antara lain dapatdijalankan dengan tanpa banyak bantuan dari repeater.Ada beberapa jenis kabel coaxial, yaitu :
-Kabel Coaxial Thinnet ( Kabel RG-58 )
 Kabel Coaxial Thinnet atau Kabel RG-58 biasa disebutdengan kabel BNC, singkatan dari British Naval Connector.Sebenarnya BNC adalah nama konektor yang dipakai, bukan nama kabelnya.
-Kelebihan menggunakan kabel RG-58 adalah:
a.Fleksibel, mudah dipakai untuk instalasi dalam ruangan.
b.Dapat langsung dihubungkan ke komputer menggunakan konektor BNC.
-Spesifikasi teknis dari kabel ini adalah :
a.Mampu menjangkau bentangan maksimum 185 meter.
b.Impedansi Terminator 50 Ohm.  
Fungsi: -Kabel coaxial jenis ini banyak dipergunakan di kalangan radio amatir terutama untuktransceiver yang tidak memerlukan output daya yang besar.
-Kabel Coaxial Thicknet (Kabel RG-8)
Kabel Coaxial Thicknet atau Kabel RG-8 adalah kabel coaxial yang dipakai untuk instalasiantar gedung, Spesifikasi kabel ini sama dengan dengan Kabel Coaxial Thinnet, hanya bentukfisiknya lebih besar. Karena lebih besar, kabel ini dapat menampung data yang lebih banyaksehingga cocok untuk instalasi sebagai backbone jaringan.
-Spesifikasi Teknis dari kabel ini adalah:
a.Mampu menjangkau bentangan maksimum 500 meter.
b.Impedansi terminator 50 Ohm.
c.Membutuhkan Transceiver sebelum dihubungkan dengan komputer.
Supaya komputer dapat terhubung ke jaringan thicknet, diperlukan transceiver. Koneksiantara Network Adapter Card dengan transceiver dibuat dengan menggunakan drop cable untukmenghubungkan Transceiver dengan Attachment Unit Interface ( AUI ) pada Network AdapterCard. Interface dari AUI berbentuk DB-15.Bila dibandingkan antara Thicknet dengan thinnet, instalasi kabel thicknet jauh lebih sulit karenasifatnya lebih kaku dan tidak fleksibel. Tetapi melihat kapasitas data dan jarak yang bisadijangkau, jenis kabel ini masih menjadi favorit sebagai penghubung antar gedung.
-Konektor:
1.BNC Kabel konektor.
Untuk menghubungkan kabel ke T konektor.
2.BNC T konektor.
Untuk menghubungkan kabel ke komputer.
3.BNC Barrel konektor. Untuk menyambung 2 kabel BNC.
4.BNC Terminator. Untuk menandai akhir dari topologi bus.
Sesuai dengan kapasitas maksimal dari kabel coaxial, Ethernetdengan media transmisi coaxhanya ada satu kecepatan transfer data (10 Mbps).Terminator yang dapat digunakan adalahterminator dengan nilai resitansi sebesar 50 OHM. Penggunaan kabel lebih dari yang disarankansangat tidak dianjurkan karena dapat mengurangi performansi dari jaringan komputer tersebut.Kabel ini masih digunakan sebagai segmen tulang belakang (backbone) untuk penyambung didalam sistem ethernet karena biayanya murah.
-Karakteristik lain dari media tipe ini:
-PELINDUNG INTERFERENSI:ada
-MAKS.BANDWITH:10 Mbps
-MAKS.KABEL:500 meter
-SOKET:BNC (Bayonet Naval Conector)
-BIAYA:murah dibanding UTP.
-TOPOLOGI FISIK:Bus.
-INSTALLASI:sederhana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar