Jumat, 24 Februari 2012

Mengenal Dan Memanfaatkan WINS Server

Mengenal dan Memanfaatkan WINS Server Pada komunikasi jaringan yang menggunakan sistem operasi Microsoft Windows baik Windows 2000 ataupun Microsoft Windows 2003 Server, WINS sangat diperlukan. Fasilitas ini sudah tersedia dan bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas layanan dalam suatu jaringan. Walaupun tanpa menambah WINS jaringan sudah bisa digunakan, namun tentu saja jaringan yang dibangun tidak akan berjalan maksimal. Sebenarnya komunikasi jaringan setiap komputer yang akan menghubungi komputer lain harus mengetahui alamat dari komputer yang dituju. Nama komputer berupa NetBIOS Name harus diterjemahkan menjadi IP Address. Pertama kali yang dicari adalah nama NetBIOS yang terdapat pada cache atau memori. Bila nama yang dicari tidak ditemukan maka komputer akan melakukan broadcast di jaringan untuk mencari pemilik nama tersebut. Akibat yang ditimbulkan oleh broadcast tersebut adalah lalu lintas jaringan menjadi padat. Selain itu broadcast juga tidak selalu bisa melewati router untuk mencapai jaringan yang lain walaupun ada router yang bisa melewatkan broadcast. Sehingga diperlukan suatu solusi untuk mempercepat pencarian dan penerjemahan nama tersebut. Salah satu solusi yang umum digunakan adalah dengan memanfaatkan WINS (Windows Internet Name Service) Server. WINS Server ini menyimpan NetBIOS Name dari komputer beserta IP Address di dalam suatu database. Komputer lain yang mencari dan mendaftarkan nama pada database disebut sebagai WINS Client. Untuk menjaga database WINS tetap tersedia jika suatu server mengalami masalah maka diperlukan server lain yang berfungsi sebagai backup. Agar Server WINS bisa berfungsi sebagai backup maka server tersebut dikonfigurasikan sebagai replication partner yang saling mereplikasi database WINS. 1. Instalasi WINS WINS Server dapat di install melalui Networking Services di Add/Remove Programs Control Panel. Setelah Anda berada di lingkungan kontrol Panel, kemudian pilih dan klik dua kali Add/Remove Program, setelah itu Anda ikuti semua petunjuk yang ditampilkan program. Setelah itu komputer akan menampilakn kotak dialog Networking Services seperti gambar 1. Dari jendela ini Anda pilih komponen Windows Internet Name Service (WINS), lalu klik OK untuk mengakhirinya. Dengan demikian komponen WINS ini sudah terinstalasi komputer Server Anda.
Gambar 1. Kotak dialog untuk menambah komponen service untuk Server * Konfigurasi WINS Server * Untuk mengkonfigurasi WINS Server ini langkah yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut: * Properties Server WINS * Klik tab General * Klik untuk memberi tanda centang pada kotak Automatically update statistic every. Dengan demikian Properties WINS Server update statistics berjalan secara otomatis setiap 10 menit atau sesuai keinginan Anda. * Pada Intervals tab kita bisa mengkonfigurasi jangka waktu dimana record yang terdaftar pada database WINS Server diperbaharui, dihapus atau diverifikasi kembali. Jangka waktu dapat diatur dalam satuan hari, jam, atau menit. * Pada tab Database Verification Anda bisa mengatur kapan dilakukan pemeriksaan terhadap konsistensi database WINS Server. Nilai default yang diberikan adalah setiap 24 jam sekali. Juga bisa diberikan kapan waktu mulai dilakukan pemeriksaan tersebut, nilai default adalah jam 2. Juga bisa ditentukan jumlah maksimum record yang bisa diverifikasi. * Pada tab Advanced Anda bisa menset supaya WINS Server mencatat setiap aktivitas yang terjadi pada Event Log. Tapi hal ini hanya Anda lakukan jika ingin mengadakan pelacakan terhadap kesalahan. Terlalu banyak log bisa menimbulkan penurunan pada unjuk kerja sistem. Permintaan yang bisa ditangani untuk registrasi record oleh WINS Server sebaiknya diset Medium. 2. Active Registration WINS Server yang aktif akan menerima registrasi dari WINS Client. Record yang terdaftar pada WINS Server antara lain adalah Nama, Tipe layanan, IP Address, Status, Versi dan expiration atau masa berakhir registrasi tersebut. Record yang bertanda silang pada field static menunjukkan record tersebut didaftarkan secara manual atau disebut dengan static mapping. A. Replication Partner Replication partner adalah WINS Server lainnya yang saling berbagi dan mereplikasi data. Kegunaan replikasi adalah untuk meningkatkan performance, ketersediaan dan kehandalan bagi WINS client yang membutuhkan. Untuk menambahkan Replication Partner * Klik kanan pada Replication Partners * Pilih New Replication Partner * Masukkan IP Address WINS Server yang lain misalnya 192.168.8.151 kemudian klik OK. * WINS Server yang menjadi Replication Partner sekarang terdaftar pada console WINS Server.
Gambar 2. Membuat atau menambah Replication Partner B. Membuat Static Mapping Static mapping yang digunakan untuk memasukkan nama komputer dan IP Address tapi hanya untuk komputer yang tidak bisa mendaftarkan diri secara otomatis di WINS Server atau non WINS Client. Berikut ini adalah tampilan kotak dialog Static Mapping. Di kotak dialog ini Anda tinggal memasukkan IP Address yang sesuai. C. Setting WINS Client Untuk menjadi WINS Client masukkan IP Address WINS Server pada WINS tab TCP/IP Properties. Berikan tanda cek pada Enable LMHOST lookup dan pilih Enable NetBIOS over TCP/IP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar